Senin, 23 Mei 2011

Pengertian Manajemen Sekolah

Perkembangan teori manajemen erat kaitanya dengan perkembangan administrasi di negara – negara maju sebagai akibat daro perkembangan industry. Dalam perkembanganya istilah manajemen disamakan secara substansial dengan istilah administrasi. Perbedaan keduanya terletak pada ruang lingkupnya saja.
Pegertian manajemen diartikan sama dengan istilah administrasi atau pengelolaan, yaitu segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber – sumber, baik personal maupun material, secara efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah secara optimal
Administrasi sekolah ( baca : juga manajemen sekolah ) manakala dipandang dari sisi sebagai suatu ilmu administrasi dalam bidang persekolahan ( baca : juga pendidikan ) karenaya keduanya telah memenuhi syarat sebagai ilmu. Manakala dipandang sebagai suatu ilmu. Manakala dipandang sebagai suatu seni, maka para pengelola ( baca : setakeholder ) sekolah dapat memerankan perananya sebagai pemimpin yang mampu mempengaruhi dan mengajak orang lain untuk bekerja sama ( guru – siswa, kepala sekolah – guru, atau pegawai administrasi dan seterusnya). Manakala dipandang sebagai suatu proses kegiatan maka setiap orang yang terlibat dalam proses kerjasama dalam bidang persekolahan harus dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan fungsi dan pernannya secara proporsional ( guru – dapat mengajar dengan baik, siswa – dapat belajar dengan baik, kepala sekolah – jadi pemimpin yang bijak dan seterusnya )

0 komentar:

Posting Komentar